Sebanyak 378 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga dalam menyikapi hal tersebut penulis mencoba menelaah secara sistematis terkait kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia dengan demikian dapat dianalisa kelemahan dan kekuatannya serta dapat menghasilkan corak dan solusi terhadap pendidikan agama Islam era 4.0 tersebut. Penghimpunan buku ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang studi mata kuliah Kebijakan Pendidikan. Selebihnya buku ini juga bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai calon guru serta bahan bacaan para dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Harapan penulis semoga buku ini dapat menjadi blueprint bagi para guru, dosen dan mahasiswa sebagai calon-calon guru masa depan yang membawa tugas mulia yakni mengajar, mendidik, dan di dalamnya termasuk penilaian serta pengabdian.

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga ...

Pendidikan Agama Islam Era Modern

Pendidikan Agama Islam yang merupakan bagian dari materi pendidikan yang diajarkan di dalam suatu lembaga pendidikan, memberikan suatu harapan kepada peserta didik untuk dapat “beragama yang baik” dan mampu mengamalkan segala sesuatu yang telah diajarkan dalam mata pelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya, Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di berbagai lembaga pendidikan, dewasa ini mengalami berbagai macam tantangan dan kritik dari berbagai pihak. Selama ini telah banyak pemikiran dan kebijakan yang diambil dalam rangka peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam yang diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi pengembangan sistem pendidikan di Indonesia dan sekaligus hendak memberikan kontribusi dalam menjabarkan makna Pendidikan Nasional yang berfungsi sebagai kemampuan dan membangun watak serta peradaban bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan Agama Islam yang merupakan bagian dari materi pendidikan yang diajarkan di dalam suatu lembaga pendidikan, memberikan suatu harapan kepada peserta didik untuk dapat “beragama yang baik” dan mampu mengamalkan segala sesuatu ...

Panduan asistensi pendidikan agama Islam

Buku ini berisi panduan untuk menjadi asitensi Pendidikan Agama Islam. Isi dari buku ini yaitu visi dan misi, Standar Operational Procedures (SOP), Silabus kurikulum, petunjuk asisstensi pekanan, dan materi asistensi yang harus dikuasai asisten Pendidikan Agama Islam.

Buku ini berisi panduan untuk menjadi asitensi Pendidikan Agama Islam.

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan perspektif Islam meliputi mengacu pada tujuan, dilaksanakan secara obyektif, bersifat komprehensif atau menyeluruh dan dilaksanakan secara terus menerus atau kontinu (istiqomah). Secara umum tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan perspektif Islam untuk: menguji, mengetahui, mengklasifikasi, mengukur, perbaikan, memberikan tabsyir (berita gembira) dan ‘iqab/nadir (siksa/kabar buruk). Dalam al-Qur’an istilah evaluasi tidak dijumpai persamaan kata yang pasti, tetapi ada kata-kata tertentu yang mengarah kepada arti evaluasi, seeperti al-balā’, al- ḥisāb, al-ḥukm, dan al-qaḍā. Prinsip-prinsip evaluasi dalam al-Qur’an mengacu pada tujuan, kontinuitas, totalitas, dan objektifi tas. Artinya, evaluasi harus dilakukan secara sistematis, berkesinambungan, dan terencana. Evaluasi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah sistem pendidikan Islam. Sebab, ia dijadikan sebagai instumen untuk menilai serta mengukur keberhasilan proses pendidikan tersebut. Kesuksesan suatu pendidikan dapat dilihat dari model evaluasi hasil belajar yang telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, ketepatan memilih model evaluasi hasil belajar mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat ...

USBN/D Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang dipakai atau diamalkan sepanjang hayat kita, untuk itu maka seharusnya Pendidikan Agama dan Budi Pekerti harus menjadi prioritas pertama dalam pembelajaran, tetapi kenyataannya Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kurang diperhatikan dibanding pelajaran lain.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti adalah pendidikan yang dipakai atau diamalkan sepanjang hayat kita, untuk itu maka seharusnya Pendidikan Agama dan Budi Pekerti harus menjadi prioritas pertama dalam pembelajaran, tetapi kenyataannya ...

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Permasalahan tentang manusia telah menjadi bahan kajian bagi para pemikir Islam. Demikian pula dalam Alquran, banyak ayat yang membicarakan tentang manusia. Konsep manusia ini berdasarkan Alquran menunjukkan bahwa manusia terdiri atas dua unsur, yaitu unsur materi dan unsur nonmateri. Tubuh manu￾sia berasal dari tanah di bumi dan ruh berasal dari substansi non￾materi di alam ghaib. Alquran juga menjelaskan bahwa masuknya ruh ke dalam tubuh manusia sewaktu masih berbentuk janin di da￾lam kandungan ketika berumur empat bulan. Setiap manusia yang lahir di dunia membawa fitrah, bakat, dan insting. Yang dibawa manusia ketika lahir adalah fitrah agama, yai￾tu unsur ketuhanan. Unsur ketuhanan ini di luar ciptaan akal budi manusia dan merupakan sifat kodrat manusia. Kejadian manusia sebagai makhluk ciptaan Allah telah dilengkapi dengan unsur￾unsur kemanusiaan, keadilan, kebajikan, dan sebagainya.

Permasalahan tentang manusia telah menjadi bahan kajian bagi para pemikir Islam.

Bahasa Inggris Kelas IX

Mata pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan di SMP/MTs bertujuan untuk membentuk peserta didik yang dapat memahami bahasa Inggris sebagai warga siswa yang cerdas, terampil, dan berkepribadian kuat (berkarakter). Oleh karenanya, penulis bersyukur atas terselesaikannya penulisan buku Bahasa Inggris untuk SMP/Mts ini dan dapat hadir dihadapanmu sekarang. Buku ini disajikan dengan teknik pemaparan yang khas, sehingga diharapkan dapat membantu dalam mempelajari dan memahami isi materi didalamnya. Isi dan urutan penyajian dalam setiap babnya terdiri atas peta konsep, tujuan pembelajaran, kata kunci, isi materi pokok, tugas mandiri, kelompok, rangkuman dan uji kompetensi. Untuk dapat memahami dan mendalami materi Bahasa Inggris, hendaknya kamu mempelajari buku ini dengan cara yang tepat. Selanjutnya, kamu mempelajari uraian materi yang diikuti dengan mengerjakan tugas aktivitas yang dikemas dalam tugas mandiri, kelompok lalu membaca ringkasan/rangkuman . Disediakan soal-soal latihan untuk menguji pemahamanmu terhadap materi yang telah kamu pelajari.

Mata pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan di SMP/MTs bertujuan untuk membentuk peserta didik yang dapat memahami bahasa Inggris sebagai warga siswa yang cerdas, terampil, dan berkepribadian kuat (berkarakter).

Mengasah Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Inggris Praktis, Volume 1

Buku ini merupakan sebuah buku yangdirancang dan didesain untuk mengasah kemampuan menulis dan membaca Bahasa Inggris Setiap latihan-latihan yang terdapat di dalam buku ini disusun secara hati-hati yang didasarkan pada pengalaman penulis sendiri dalam mengajar Bahasa Inggris. Penulis menyadari bahwa salah satu buku panduan Bahasa Inggris yang sangat kurang di Indonesia adalah buku panduan yang berfokus pada menulis dan membaca. Oleh karenaitu, buku ini didesain khusus untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Buku ini merupakan sebuah buku yangdirancang dan didesain untuk mengasah kemampuan menulis dan membaca Bahasa Inggris Setiap latihan-latihan yang terdapat di dalam buku ini disusun secara hati-hati yang didasarkan pada pengalaman penulis ...